Mainkan Sendiri 12 Alat Musik, Yon Gondrong Dijuluki One Man Band

Tampil dengan berbagai alat musik yang menempel di tubuhnya, Lestari Yono dikenal sebagai sosok yang lain sebagai seorang musisi. One Man Band Indonesia, itulah yang kemudian menjadi julukan lain dari pria asal Malang yang sudah menetap lebih dari 20 tahun di Bali ini.

0
372
Mainkan Sendiri 12 Alat Musik, Yon Gondrong Dijuluki One Man Band

One Man Band merupakan sebutan bagi seseorang, yang secara individu memainkan lebih dari tiga jenis alat musik secara bersamaan dengan menggunakan tangan, kaki, dan anggota tubuh yang lain.

“One Man Band Indonesia ini, saya buat sejak 2007, tapi saat itu belum berani tampil ke luar,” ujar pria yang biasa disapa Yon Gondrong ini.

Khawatir disebut sebagai seorang yang aneh, Yon yang saat itu memulai one man band dengan memainkan bass drum, simbal, sener, dan gitar, akhirnya mulai memberanikan untuk menunjukkan dirinya keluar sekitar 2011.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Tidak ada target apapun bagi Yon Gondrong sebagai seseorang One Man Band Indonesia. Tujuannya untuk berkreasi, untuk memuaskan naluri sebagai seorang musisi, dan menghibur orang-orang.

Termasuk dalam kategori street performance, berbagai pengalaman ngamen pun telah dilakoni oleh Yon Gondrong di jalanan.

Dia juga ingin menyampaikan pesan, bahwa sebagai pengamen bisa tampil lebih kreatif bukan lagi dengan menggunakan alat yang seadanya.

Mainkan Sendiri 12 Alat Musik, Yon Gondrong Dijuluki One Man Band

Tujuannya, agar pengamen tak lagi dianggap sebagai pengemis, namun memang benar-benar bisa menghibur siapapun yang menonton penampilannya.

Tak hanya ngamen di jalanan, namun Yon Gondrong juga kerap tampil sebagai One Man Band di kafe-kafe hingga di panggung dengan berkolaborasi bersama musisi-musisi lainnya.

Dari sana, kemudian Yon Gondrong berkenalan dengan berbagai komunitas kreatif dan menjadi lebih berani untuk menunjukkan sosok One Man Band Indonesia.

Mendapat respon yang baik dari masyarakat dan komunitas di bidang seni-kreatif, Yon Gondrong kerap diundang untuk tampil menghibur.

Karena apa yang ditampilkan olehnya tak hanya menghadirkan musik yang berbeda dari kebanyakan musisi lainnya, namun juga terselip unsur hiburan (komedi).

Bahkan, dia juga kerap diundang untuk memberikan edukasi kepada anak-anak berkaitan dengan seni dan kreatif. Memiliki semacam keterikatan dengan One Man Band seluruh dunia.

Menurutnya, justru jika dia atau satu di antara mereka sering tampil di panggung, akan banyak mendapatkan kritik dari sesama One Man Band. Karena merupakan bagian dari street art, para one man band ini kerap tampil di jalanan.

Jenis musik yang dimainkan oleh One Man Band, bukan sekadar yang dinikmati dengan didengar, namun juga secara visual.

Mainkan Sendiri 12 Alat Musik, Yon Gondrong Dijuluki One Man Band

Melihat apa yang ditampilkan oleh One Man Band, tentunya membuat para penontonnya berdecak kagum, dan berpikir bagaimana melakukan semuanya secara bersamaan.

Apalagi, hingga saat ini, ada 12 alat (setiap alat dihitung satu-satu) yang digunakan Yon Gondrong saat tampil sebagai One Man Band.

“Tak ada batasan jumlah alat, bisa terus bertambah. Belum ada patokannya hingga sekarang,” ujar Yon.

Bahkan dia juga pernah mencoba untuk memecahkan rekor MURI dengan menggunakan 15 alat. Dia mengaku saat ini masih belajar untuk menyatu dengan setiap alat musik yang dimainkan.

“Semua mengalir begitu saja, dan faktor kesalahannya juga banyak pasti tidak pernah sempurna dan tidak sama,” ujar Yon sambil tertawa.
Jadi apa yang dimainkan sekarang, dan di waktu berikutnya, bisa berbeda.

“Apa yang direkam dan dimainkan lagi secara live pasti berbeda meskipun lagunya sama,” ujar Yon.

Maka dari itu, unsur humor kerap disisipkan olehnya, tujuannya untuk membiaskan kesalahan tersebut. Bagi yang ingin menyaksikan penampilannya, One Man Band Indonesia juga akan hadir sebagai bintang tamu dalam acara Sunday Flea Market yang diadakan oleh Man Shed Sanur, Minggu (15/2/2015).

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here