Awas! 9 Merek Pembalut Ini Berbahaya Menyebabkan Kanker

Awas! 9 Merek Pembalut Ini Berbahaya Menyebabkan Kanker

247

Merek pembalut wanita Charm punya kandungan klorin sebesar 54,73 ppm (part per milion). Merk Nina Anion dengan 39,2 ppm, merk My Lady dengan 24,44 ppm dan VClass Ultra mencapai 17,44 ppm, Kotex dengan kandungan klorin mencapai 8,23 ppm dan Hers Protex dengan 7,93 ppm, dan produk Laurier mencapai 7,77 ppm, produk Softex dengan 7,3 ppm, Softness standar jumbo pack juga mengandung klorin sebesar 6,05 ppm

9 Merek Pembalut Ini Berbahaya Menyebabkan Kanker

Untuk para wanita harap berhati-hati! banyak merek pembalut dinyatakan mengandung zat berbahaya yang bisa membuat wanita berisiko kanker.

Klorin, kandungan berbahaya dari pembalut ini mulai diketahui sejak jumpa pers YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) pada Selasa (7/7) kemarin.

Bahkan yang dikatakan mengandung zat-zat berbahaya tersebut merupakan produk terkemuka yang sering kali digunakan oleh para wanita ketika datang bulan.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Hal ini dikhawatirkan jika wanita akan berisiko tinggi terkena kanker, sebab pembalut yang diletakan sangat dekat dengan organ intim wanita.

Zat berbahaya tersebut merupakan klorin yang biasa digunakan sebagai pemutih produksi kertas dan pakaian dan lain sebagainya.

“Klorin bersifat racun dan bisa menyebabkan iritasi. Karena kan klorin biasanya dipakai sebagai pemutih pada produksi kertas, pakaian dan lainnya. Penggunaan pembalut di Indonesia mencapai 1,4 miliar pertahun. Dan sekitar 52 juta perempuan berpotensi terkena kanker rahim karena berbagai sebab, salah satunya kualitas pembalut,” papar pihak YLKI, Arum Dinta dan Tulus Abadi, seperti dilansir KapanLagi.com.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pembalut yang mengandung klorin paling banyak adalah merek CHARM dengan 54,73 ppm. Menyusul di belakang CHARM, Nina Anion menempati posisi kedua dengan kandungan klorin sebanyak 39,2 ppm.

Merek My Lady berada di posisi ketiga dengan kandungan klorin 24,4 ppm dan menyusul di bawahnya VClass Ultra dengan 17,74 ppm. Sementara itu, Kotex, Hers Protex, LAURIER, Softex, dan SOFTNESS juga masuk dalam daftar dengan kandungan klorin 6-8 ppm.

Selain pembalut, kandungan klorin juga ditemukan pada tujuh merek pantyliner, yaitu V Class, Pure Style, My Lady, Kotex Fresh Liners, Softness Panty Shields, CareFree superdry, LAURIER Active Fit.

Awas! Banyak Pembalut Berbahaya Menyebabkan Kanker

Arum menuturkan bahwa klorin sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi. Selain keputihan, gatal-gatal, dan iritasi, klorin juga dapat menyebabkan kanker.

Mengamini pernyataan Arum, Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, berkata, “Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut.”

Bahayanya, sekitar 52 persen produsen tidak mencantumkan komposisi zat pembalut dan pantyliner pada kemasannya.

“Kasus tersebut melanggar Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999, yang berisi hak yang mendasar bagi konsumen adalah hak atas keamanan produk, hak atas informasi, hak untuk memilih, hak didengar pendapat dan keluhannya, hak atas advokasi, pembinaan pendidikan, serta hak untuk mendapatkan ganti rugi,” papar Arum.

Pemerintah sebenarnya telah melansir bahwa klorin adalah zat berbahaya melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 472/MENKES/PER/V/1996. Kendati demikian, menurut Arum, tidak ada regulasi yang melarang adanya kandungan klorin dalam pembalut.

Arum pun mendorong pemerintah untuk segera mengeluarkan regulasi pelarangan tersebut. “Merujuk pada FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat), seharusnya ada aturan pembalut harus bebas klorin,” kata Arum.

Nah, wanita harus berhati-hati saat menggunakan pembalut, sebaiknya wanita tidak terlalu lama menggunakan pembalut agar zat beracun tersebut tidak terurai dan masuk ke dalam tubuh.

Agen Distributor Toko Jual Hammer Of Thor COD Di Semarang

NO COMMENTS

Leave a Reply