Cara Membuat Permen Antihiperkolesterol Dari Kulit Pisang

Kulit pisang bisa diolah untuk dijadikan permen antihiperkolesterol dan iniadalah terobosan yang sangat penting terutama karena sampai sekarang jenis obat kolesterol tinggi masih selalu dibutuhkan orang.

0
322
Cara Membuat Permen Antihiperkolesterol Dari Kulit Pisang

Buah pisang merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Memang rasa buah ini sangat enak dan manfaatnya juga sangat banyak. Satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari kulit pisang bahkan ditemukan oleh 3 mahasiswa dari kampus Universitas Brawijaya Malang. Dikatakan bahwa kulit pisang bisa diolah untuk dijadikan permen antihiperkolesterol. Ini merupakan terobosan yang sangat penting terutama karena sampai sekarang jenis obat kolesterol tinggi masih selalu dibutuhkan orang. Terobosan ini memungkinkan orang menurunkan kolesterol dengan dana yang kecil.

Ada tiga orang mahasiswa yang melakukan penelitian dan mengembangkan pembuatan permen antigiperkolesterol ini. Mereka adalah Lukman Azis, Nisa Alfilasarida, dan Clara Arha. Ide kreatif mereka memang sangat menarik terutama karena selama ini kulit pisang cenderung diabaikan sebagai limbah. Selama ini kemungkinan penggunaan kulit pisang misalnya hanyalah sebagai alat kosmetik natural penghalus kulit wajah. Dengan adanya penelitian mengenai manfaat kulit pisang menurunkan kolesterol dan dilengkapi juga dengan cara pembuatan permen dari bahan tersebut jelas sangat berguna bagi mereka para pemilik kolesterol tinggi.

Langkah Membuat Permen Antihiperkolesterol

  1. Membuat Tepung Kulit Pisang

    Langkah pertama untuk membuat permen antihiperkolesterol tentu saja adalah membersihkan kulit pisang. Menggunakan kulit pisang yang masih segar jelas lebih dianjurkan. Jika sudah melakukan sortiran, maka anda kemudian tinggal memotongnya menjadi banyak potongan kecil-kecil. Potongan-potongan itu kemudian dikukus. Lamanya mengukus adalah sekitar 10 menitan. Jika sudah sepuluh menit, anda kemudian mengeringkannya. Setelah kering, hasil kukusan tersebut kemudian dibuat menjadi tepung kulit pisang. Dari tepung inilah kemudian nantinya dibuat bahan dasar pembuatan permen.

  2. Langkah Mengekstrak Tepung Kulit Pisang

    Obat Pembesar Penis
    obat pembesar penis

    Langkah selanjutnya setelah proses pembuatan tepung kulit pisang adalah melakukan ekstraksi tepung kulit pisang tersebut. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menggunakan metode ekstraksi tipe padat cair. Suhu yang digunakan ada pada 90 derajat celcius. Adapun bahan yang digunakan adalah pelarut asam. Bahan inilah yang kemudian bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan permen antigiperkolesterol dari kulit pisang. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat permen sampai langkah kedua ini juga tidak besar sehingga anda tak perlu kuatir masalah tersebut jika anda misalnya ingin mencobanya sendiri.

  3. Pemurnian Tepung Kulit Pisang

    Setelah melakukan ekstraksi, langkah selanjutnya adalah melakukan pemurnian. Pemurnian ini sendiri dilakukan dengan memanaskan tepung hasil ekstraksi dan menggunakan alkohol. Alkohol yang digunakan adalah tipe alkohol 70 persen dan tipe alkohol 96 persen. Setelah itu dilakukan penyaringan. Dari penyaringan inilah kemudian anda akan mendapatkan pektin. Pektin inilah yang kemudian menjadi permen antigiperkolesterol dari kulit pisang. Pektin ini pulalah yang kemudian anda konsumsi sebagai jenis permen lunak. Untuk sementara memang manfaatnya berkaitan dengan kolesterol akan tetapi tidak menutup kemungkinan nantinya ada berbagai manfaat lain yang bisa anda dapatkan.

Konsumsi permen antihiperkolesterol menunjukkan manfaat yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan konsumsi beberapa jenis obat alami penurun kolesterol sekalipun. Menurut penelitian, mereka yang mengkonsumsi permen ini hanya dalam durasi singkat yaitu selama hanya 2 minggu sudah bisa mendapatkan turunnya kadar kolesterol sampai sebesar 52 persen. Itu merupakan prestasi menakjubkan yang bahkan lumayan sukar untuk bisa didapatkan oleh obat yang lain. Karena itulah permen yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi yang paling tepat bagi mereka yang memang memiliki waktu yang singkat untuk menurunkan kolesterol mereka.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here