Keputihan, Bisa Meningkatkan Resiko Kemandulan

Ketika Keputihan masih terjadi di luar masa Haid serta disertai perubahan fisik harus segera memeriksakan diri ke dokter.

0
680
Keputihan, Bisa Meningkatkan Resiko Kemandulan
Gatal berulang yang terjadi di daerah organ intim, bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur vagina atau bacterial vaginosis.

Banyak perempuan yang ragu-ragu apakah keputihan yang dialaminya normal atau tidak. Tidak sedikit pula yang menganggap cairan yang keluar dari vagina di luar masa haid ini bukan masalah padahal keputihan bisa meningkatkan risiko kemandulan.

Menurut Prof. Dr. dr. Ichramsjah A. Rachman, SpOG (K) dari RSIA Budhi Jaya menyebutkan, bila keputihan terjadi dua hingga tiga hari mendekati menstruasi itu masih aman atau normal. Selain itu, pada masa subur juga normal.

Namun, ia menekankan ketika keputihan masih terjadi di luar masa itu serta disertai perubahan fisik harus segera memeriksakan diri ke spesialis obstetri dan ginekolog.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

“Jika sesudah masa menstruasi keputihan masih ada, warnanya tak lagi putih namun berubah jadi hijau atau cokelat dan berbau serta kental itu harus segera diperiksakan,” terang Prof Ichram pada seminar “Cara Tepat, Cepat Hamil” di Jakarta seperti ditulis (8/10/2014).

“Bahkan jika merasa keputihan berlebihan, termasuk pada masa subur itu sebaiknya diperiksa,” terang dokter yang juga mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Keputihan yang disertai peruhan warna dan aroma menandakan adanya infeksi di vagina. Jika keputihan ini berlangsung lama dan dibiarkan saja bisa masuk ke saluran tuba, terang Prof Ichram.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here