Sudah Rajin Cuci Muka Tapi Masih Jerawatan? Kemungkinan Ini Sebabnya

Menanggapi hal ini, dokter spesialis kulit kelamin dr Eddy Karta SpKK menuturkan pada prinsipnya jerawat terjadi karena faktor sumbatan kelenjar sebum atau kelenjar minyak yang kemudian meradang dan terinfeksi oleh kuman Propionibacterium acnes.

0
959
Cucimuka
Cucimuka

Khususnya bagi wanita, pastinya Anda pernah merasa jengkel ketika sudah rajin membersihkan wajah tetapi jerawat masih saja suka timbul. Hingga terkadang kerap muncul pertanyaan apa lagi yang harus dilakukan agar jerawat tak mudah timbul.

“Sumbatan kelenjar sebum ini bisa terjadi karena wajah kotor baik akibat kosmetik, debu, dan kulit kering yang teriritasi,” tutur dr Eddy ketika.

Penyebab lain adanya sumbatan pada kelanjar minyak dikatakan dr Eddy yakni produksi minyak yang meningkat misalnya akibat pengaruh hormonal. Maka dari itu, dr Eddy menekankan pembersihan wajah yang efektif tidak selalu berhasil mengurangi jerawat.

Meskipun sangat disarankan untuk rajin mencuci kulit wajah dengan sabun muka minimal tiga kali sehari atau disesuaikan dengan aktivitas. Ketika jerawat timbul, patut juga diperhatikan faktor lain, misalnya hormonal, stres fisik, stres emosi, pola makan dan pola tidur.

“Sebaiknya hindari faktor pemicu jerawat misalnya konsumsi manis, tidur terlalu malam, stres, terlalu banyak paparan sinar matahari, dan rokok. Perlu juga memperbanyak konsumsi antioksidan,” lanjut dokter yang praktik di EDMO Clinic Jakarta Selatan ini.

Terkait konsumsi makanan, dr Eddy menyarankan ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari misalnya makanan manis bergula yang dapat merangsang reaksi radang, dan makanan yang mengandung susu.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here