Akun Twitter Tommy Soeharto Ternyata PALSU!

Pengacara Tommy, Erwin Kallo. Minggu (6/9/2015), melalui surelnya, Erwin menyebut bahwa semua akun-akun media sosial yang mengatasnamakan Tommy merupakan akun palsu.

1
88
Akun Twitter Tommy Soeharto Ternyata PALSU!

infokami.com – Akun Twitter Tommy Soeharto Ternyata PALSU! Selama beberapa bulan terakhir, linimasa Twitter Indonesia turut diramaikan dengan kicauan-kicauan dari akun @HutomoMP_9.

Akun Twitter tersebut dipercaya sebagian orang sebagai milik politikus sekaligus pengusaha, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Media juga kerap mengutipnya sebagai akun milik putra bungsu mantan Presiden Soeharto itu.

Penelusuran lewat mesin pencari Google menunjukkan bahwa akun Twitter @HutomoMP_9 memang kerap mengomentari sejumlah isu. Salah satu yang sempat riuh, seputar usulannya menggelar Musyawarah Nasioal Luar Biasa (Munaslub) Golkar, di tengah dualisme kepemimpinan partai beringin itu.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Namun belakangan muncul bantahan dari pengacara Tommy, Erwin Kallo. Minggu (6/9/2015), melalui surelnya, Erwin menyebut bahwa semua akun-akun media sosial yang mengatasnamakan Tommy merupakan akun palsu.

“Akun-akun palsu itu bertebaran di Twitter dan Facebook. Para netizen bahkan media online dibuat terjebak dengan berbagai pesan yang isinya terkadang menghasut. Walhasil, tindakan tidak bertanggung jawab tersebut merugikan berbagai pihak terutama klien saya, Tommy Soeharto,” demikian bunyi surel Erwin, dikutip Tempo.co, Selasa (8/9).

Menurutnya, akun-akun itu dibuat sejak dua tahun silam oleh seseorang berinisial FM, tanpa persetujuan Tommy.

Di sisi lain, pernyataan Erwin ini terkesan janggal. Pasalnya, pernyataan itu berbeda dengan pengakuan Tommy, yang pernah mengonfirmasi keaslian akun @HutomoMP_9. “Itu (@HutomoMP_9) dikelola oleh tim tidak saya sendirian,” kata Tommy, dikutip RimaNews (20 April 2015).

Pernyataan serupa datang dari kakak Tommy, Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto), dalam sebuah wawancara dengan Majalah Detik (Edisi 178, 27 April – 23 Mei 2015). Saat itu, Majalah Detik melempar pertanyaan sekaligus mengonfirmasi kicauan @HutomoMP_9 seputar kisruh Partai Golkar.

“Iya, memang betul itu (akun) Twitter Tommy adik saya. Karena memang masih merasa concern mengenai keadaan Golkar sekarang yang masih ribut saja dan apalagi sampai waktu itu ada di TV sampai membongkar pintu. Makanya Tommy mem-posting tweet kayak begitu,” kata Titiek, politisi Golkar yang sekarang menjabat sebagai wakil ketua komisi IV DPR.

Beritagar.id juga pernah mengutip akun @HutomoMP_9 dalam salah satu artikel, dengan menyertakan konfirmasi keasliannya dari Titiek.

Akun @HutomoMP_9 sempat dihapus

Penelusuran Beritagar.id menunjukkan bahwa akun @HutomoMP_9 telah dihapus. Tak heran bila kicauan yang sempat ramai disorot tweeps dan media telah lenyap.

Adapun akun dengan nama serupa –yang sekarang bisa ditemukan di linimasa– merupakan akun baru. Layanan TWBirthday menunjukkan, @HutomoMP_9 yang baru itu, nongol di linimasa pada 15 Agustus 2015. Kicauan pertamanya dikirim sehari setelahnya (16/8).

Hal itu juga diperkuat dengan jumlah pengikutnya yang hanya berjumlah 273 akun. Padahal merujuk catatan Kabar24 (24 April 2014), @HutomoMP_9 sudah memiliki lebih dari 86 ribu pengikut.

Penjelasan seputar dua akun berbeda dengan satu nama itu datang dari Ronald, associates lawyer di Erwin Kallo & Co Property Lawyers.

“Iya akun itu (@HutomoMP_9) palsu. Kami sudah menyurat ke Twitter dan Facebook, meminta mereka menghapus akun-akun yang diduga palsu itu. Mungkin saja akun yang lama itu sudah dihapus oleh mereka,” kata Ronald, kepada Beritagar.id melalui sambungan telepon, Selasa (8/9).

Ronald menambahkan, surat permintaan penghapusan itu dikirim sepekan silam –periode akhir Agustus – awal September.

Sebagai catatan, Twitter tidak memungkinkan ada dua akun dengan nama yang sama di layanan mereka. Bila akun @HutomoMP_9 hadir pada 15 Agustus 2015, maka akun lama dengan nama serupa dipastikan sudah dihapus sebelumnya.

Di sisi lain, ada juga sejumlah akun Twitter lain yang mengatasnamakan Tommy, misalnya: @Tommy_Soeharto1, @tommysoeharto62, @HutomoMandala_P, dan lain-lain.

Di linimasa, kabar seputar akun palsu yang mencatut nama Tommy ini juga mengundang sejumlah komentar.




Content Protection by DMCA.com
loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here