Berikut 5 INFO Terbaru Tentang Lowongan CPNS Tahun Ini

Berikut Info Terbaru dari Penerimaan CPNS Kemenkeu ini? Diulas tuntas sampai Gaji pun ada disini, juga kesempatan Lowongan CPNS mulai dari lulusan SMK.

0
536
INFO Terbaru Tentang Lowongan CPNS Tahun Ini
INFO Terbaru Tentang Lowongan CPNS Tahun Ini

INFOKAMI CPNS 2014 – Kementerian Keuangan tercatat membutuhkan 9.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini untuk mengisi 9.000 formasi. Jumlah ini membuat Kemenkeu bersanding dengan Kemendiknas dalam menjadi penerima CPNS terbanyak ketimbang kementerian/lembaga lainnya.

Dan bukan rahasia lagi, Kemenkeu menjadi salah satu institusi negara yang paling diminati pencari kerja. Pasalnya, Kemenkeu menjadi proyek percontohan pelaksanaan remunerasi. Implikasinya, gaji pegawai Kemenkeu masih lebih besar ketimbang pegawai institusi pemerintahan lainnya.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Ki Agus Ahmad Badaruddin mengungkapkan, berdasarkan peta jalan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkeu 2014, jumlah pegawai yang dibutuhkan mencapai 10.275 orang. Dari jumlah sebanyak itu, Ditjen Pajak membutuhkan tambahan 6.513 pegawai dan Ditjen Bea Cukai perlu 2.578 pegawai untuk seluruh posisi.

“Kedua Ditjen itu lebih butuh banyak pegawai untuk menggenjot penerimaan negara,” kata Ki Agus.

Sampai sekarang ini, Kemenkeu memiliki 63.000 pegawai.

Berikut Info Terbaru dari Penerimaan CPNS Kemenkeu ini?

1. Lulusan SMK berpeluang jadi CPNS untuk Pegawai Kemenkeu

Lulusan SMK berpeluang jadi CPNS untuk Pegawai Kemenkeu
Lulusan SMK berpeluang jadi CPNS untuk Pegawai Kemenkeu

Kementerian Keuangan menyiapkan lima posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 580 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Secara rinci, posisi yang ditawarkan kepada lulusan SMK adalah juru mudi sebanyak 155 formasi, juru minyak (155 formasi). Kemudian, kelasi kapal (182 formasi), operator x-ray (75 formasi), dan administrasi persuratan (13 formasi).

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah minimal 6,50 (bukan hasil pembulatan) untuk lulusan SMK Pelayaran. Dan nilai 7 untuk lulusan SMK umum.

Untuk jabatan juru motor, juru mudi, juru minyak, dan kelasi kapal memiliki persyaratan tambahan. Yaitu, Laki-laki, tinggi badan minimal 155 cm, dan tidak buta warna serta cacat badan.

2. Seleksi CPNS dilakukan empat tahap

Seleksi CPNS dilakukan empat tahap
Seleksi CPNS dilakukan empat tahap

Adapun empat tahap rekrutmen CPNS Kemenkeu tersebut terdiri dari seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (TKD), psikotes lanjutan. Kemudian, tes kesehatan dan kebugaran. Khusus pelamar berpendidikan sarjana (S-1), ada tambahan tes wawancara.

“Dalam rekrutmen ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi atau tes,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Ahmad Badaruddin.

3. Seleksi CPNS menggunakan sistem gugur

Seleksi CPNS menggunakan sistem gugur
Seleksi CPNS menggunakan sistem gugur

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Ahmad Badaruddin mengatakan pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini menggunakan sistem gugur.

“Seleksi melalui empat tahap dengan sistem gugur,” ujarnya. Ki agus merupakan Ketua Panitia rekrutmen CPNS Kemenkeu 2014.

Dia menegaskan, kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Adapun pengumuman kelulusan di setiap tahapan tes dapat dilihat pada portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.

“Apabila ada pihak atau oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima menjadi CPNS Kementerian Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan,” katanya.

Tahun 2014 ini Paling banyak menerima CPNS
Tahun 2014 ini Paling banyak menerima CPNS

4. Tahun ini Paling banyak menerima CPNS
Tahun ini, Kementerian Keuangan membutuhkan sebanyak 9 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi 9 ribu formasi. Ini merupakan lowongan CPNS terbanyak ketimbang kementerian/lembaga lainnya. Secara nasional, lowongan CPNS tahun ini mencapai 100 ribu formasi.

Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan mengatakan Kementerian Keuangan membutuhkan banyak tenaga pemburu penerimaan revenue negara dan pajak. “Formasi terbanyak di Kementerian Keuangan dan Kemendikbud,” ujarnya.

5. Gaji CPNS mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 7 juta

Gaji CPNS mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 7 juta
Gaji CPNS mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 7 juta

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Fuad Rahmany mengatakan pihaknya membutuhkan sebanyak 5.000 CPNS tahun ini. Sebagai perangsang, dia menyebut gaji pegawai baru mencapai Rp 7 juta per bulan. “Enggak kalah sama bank BUMN,” ujarnya.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Agung Kuswandono mengatakan pihaknya membutuhkan 2.000 CPNS dari berbagai bidang keilmuan. Ini di luar CPNS yang berasal dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Menurutnya, gaji awal untuk CPNS, termasuk remunerasi, Rp 3,5 juta per bulan. Jumlah itu berlaku di semua unit kerja Kemenkeu. “Seiring waktu kan nanti gajinya akan naik,” ujarnya.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here