Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, Sumber: BMKG

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, Sumber: BMKG

58

Sangat berbahaya bila melihat langsung pada saat terjadi gerhana mata hari sebagian dengan durasi yang lama, untuk itu hindari melihat fase gerhana matahari sebagian.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 nanti diperkirakan akan melintasi 11 wilayah di Indonesia. Bila pagi hari itu Anda berada di daerah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara, kemungkinan besar bisa melihat langsung fenomena alam langka itu.

Pertanyaannya, apakah mata seseorang akan aman bila melihat langsung gerhana matahari total pada 9 Maret nanti. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menjawab dengan jelas bahwa melihat langsung fase gerhana matahari total tidak membahayakan mata.

”Tapi menjadi berbahaya bila melihat langsung pada saat terjadi gerhana mata hari sebagian dengan durasi yang lama. Maka hindari melihat fase gerhana matahari sebagian,” kata Andi, Kamis, 11 Februari 2016.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Pada fase gerhana matahari sebagian, kata dia, jangan melihat langsung ke arah matahari dalam waktu lama. Fase sebelum dan sesudah gerhana matahari total yang berbahaya bagi mata. ”Paparan cahaya matahari dengan intensitas tinggi akan menembus mata dan dapat merusak lapisan retina mata yang berisi syaraf sensitif,” kata Andi.

Proses gerhana matahari total atau sebagian yang bisa disaksikan sebagian penduduk Indonesia pada 9 Maret 2016 perlu persiapan khusus agar mata tetap aman. Pegiat astronomi dari komunitas Langit Selatan, Avivah Yamani dan Wicak Soegijoko, menyarankan menggunakan beberapa perangkat saat melihat gerhana matahari.

Melihat proses gerhana matahari dari pantulan air di baskom tidak dianjurkan karena berbahaya. Menurut Avivah dan Wicak di website Langit Selatan, melihat gerhana matahari dari pantulan air di baskom atau ember mengundang bahaya karena tidak banyak mengurangi intensitas sinar matahari.

“Ini adalah cara yang keliru. Sebab, meskipun air hanya memantulkan 5 persen cahaya matahari, pantulan yang dihasilkan masih sangat terang dan pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.”

Cara yang paling aman dalam mengamati gerhana matahari sebagian, menurut dia, adalah menggunakan kacamata yang telah dilengkapi oleh filter khusus untuk melihat matahari. Nah, saat terjadi gerhana matahari total yang hanya beberapa menit itu, kacamata khusus ini bisa dilepas untuk melihatnya langsung.

Gerhana matahari ada empat jenis yakni gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana cincin, dan gerhana hibrida. Gerhana matahari total terjadi saat posisi atau kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Efek dari kedudukan matahari, bulan, dan bumi satu garis lurus ini, maka sebagian permukaan bumi akan terkena bayangan gelap Bulan. Akibatnya wilayah-wilayah yang terkena bayangan gelap bulan tidak melihat matahari.

Menurut Andi Eka Sakya, peristiwa gerhana matahari total akan dimulai pada saat bulan perlahan menutupi piringan matahari. Semakin lama area piringan matahari yang ditutupi bulan semakin besar. ”Fase total akan terjadi jika seluruh permukaan matahari tertutupi oleh Bulan. Kita dapat melihat bagian korona matahari menjulur dari bagian tepi piringan matahari,”kata Andi. Sedangkan gerhana sebagian terjadi saat piringan bulan hanya menutupi sebagian piringan matahari.

Durasi total terpanjang terjadinya gerhana matahari total pada 9 Maret nanti adalah 4 menit 9 detik. Di daerah yang dilewati nanti, durasinya beragam, mulai dari 1 menit 9 detik sampai 2 menit 50 detik. Durasi terpanjang yang pernah dicatat adalah 7,5 menit.

Mereka menyarankan pengamat gerhana matahari memakai kacamata khusus atau teleskop yang sudah dilengkapi penyaring cahaya matahari. Filter itu untuk menapis sebagian besar sinar matahari yang diterima mata.

Pengamat juga bisa memakai plastik film hitam putih 35 milimeter untuk fotografi yang telah dicuci. Klise yang menggunakan perak halida sebagai lapisan emulsi itu bisa mengurangi kecerlangan matahari lebih dari sepuluh kali lipat, sehingga radiasi pada panjang gelombang yang bisa merusak retina, seperti cahaya ultraviolet dan inframerah, tidak akan diterima mata.

Selain itu, pengamat bisa melakukan proyeksi lubang jarum untuk mengamati gerhana matahari sebagian. Sedangkan ketika gerhana matahari total, pengamat bisa melihatnya langsung tanpa alat bantu. Ketika sinar matahari muncul kembali, alat bantu harus segera dipakai lagi jika ingin melihat proses akhir gerhana.

Gerhana matahari total dan sebagian akan melintasi wilayah Indonesia dari pantai barat Sumatera hingga ke timur Samudera Pasifik pada 9 Maret 2016.

Agen Distributor Toko Jual Hammer Of Thor COD Di Semarang
loading...

NO COMMENTS

Leave a Reply