Ini 2 Pilot Indonesia Yang Bergabung Dengan ISIS

Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih mantan pilot warna negara Indonesia bergabung dengan kelompok ISIS dan dinyatakan sebagai ancaman bagi keamanan internasional.

1
156
Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih 2 Pilot Indonesia Yang Bergabung Dengan ISIS

Berdasar laporan intelijen dari kepolisian federal Australia (AFP), yang dikutip Sydney Morning Herald dari Intercept, membeberkan satu dokumen yang mengatakan bahwa dua pilot Indonesia yang bergabung ISIS dikhawatirkan mengancam keamanan negaranya.

Berdasarkan isi laporan tersebut, dua pilot itu bernama Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih.

Ridwan Agustin (Ridwan Ahmad Al Indonesiy) :

Ridwan Agustin (Ridwan Ahmad Al Indonesiy)

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Pria ini sempat terdaftar sebagai pilot untuk penerbangan murah AirAsia.

Melalui akun media sosialnya, diketahui Ridwan pernah melakukan penerbangan ke Perancis, Hong Kong, Singapura, dan negara-negara lainnya yang masuk dalam lingkup rute penerbangan lokal dan internasional.

Ridwan mulai cenderung mengunggah postingan yang memperlihatkan dukungan pada ISIS sejak September 2014.

Ia juga sering terlihat berinteraksi dengan Tommy, yang namanya kerap muncul di bagian penyuka postingan unggahan Ridwan yang bertopik ISIs.

Pada daftar teman media sosialnya, ditemukan banyak sekali pengguna yang datang dari kelompok ekstremis, seperti ISIS dan kelompok teroris di Indonesia.

Ridwan juga diperkirakan telah menikahi seorang wanita, yang pada akun medsosnya disebutkan pernah bekerja juga di AirAsia, tinggal di Bandung, dan terlihat beberapa kali pernah berfoto bersama Ridwan.

Menurut pantauan AFP pada foto-foto Ridwan, terlihat perubahan drastis pada penampilannya, yang semakin lama diwakili pakaian yang lebih Islami dan bulu wajah yang semakin lebat.

Tommy Abu Alfatih (Tomi Hendratno):

Tommy Abu Alfatih (Tomi Hendratno)

Informasi pada medsosnya menyebutkan bahwa Tommy berdomisili di Bogor, Jawa Barat, dan telah menikah.

Ia juga sempat tergabung dengan Angkatan Udara TNI sebagai pilot, sebelum akhirnya bekerja untuk Garuda Indonesia, menjadi instruktur penerbang di akademi penerbangan Bali, dan bergabung dengan Premiair.
Tommy sudah pernah melakukan penerbangan ke Australia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Sejak Desember 2014, postingan terkait ISIS mulai muncul di akun medsos-nya dan kerap mengunggah ulang artikel berbau ekstrim dari beberapa laman daring dan pengguna medsos lain.

Daftar pertemanannya dipenuhi oleh pengguna yang menurut profil akunnya berprofesi sebagai pilot dan awak pesawat AirAsia, Lion Air, Garuda, Tiger Airways, Sriwijaya Air, dan sebagainya.

Tommy juga berhubungan dengan TNI, pilot-pilot kemiliteran, dan anggota PolriI.

Ini 2 Pilot Indonesia Yang Bergabung Dengan ISIS

Laporan itu menyebutkan pilot, kru, dan orang-orang yang memiliki akses ke lingkungan penerbangan bisa menjadin ancaman jika diradikalisasi. “Akses dan pengetahuan mereka soal keamanan penerbangan membuat mereka mampu membuat serangan besar seperti yang pernah terjadi. Sebuah edisi majalah Al Qaeda, Inspire, juga mendorong terjadi serangan terhadap penerbangan,” tulis laporan itu.

AFP sendiri hingga kini belum menanggapi bocoran laporan itu. “AFP tidak berkomentar soal apapun dalam laporan intelijen itu,” kata seorang juru bicara AFP kepada Fairfax Media yang dikutip SMH.

Kepada Intercept, pihak Airasia mengklarifikasi bahwa Ridwan Agustin dan Diah Suci Wulandari sudah tidak lagi bekerja di Airasia Indonesia. “Selanjutnya, kami tidak bisa berkomentar lebih jauh mengenai mereka,” kata Airasia kepada Intercept.

Kini, akun Facebook Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih tidak bisa ditemukan karena telah ditutup. Sebelumnya, akun Ridwan mengunggah berbagai foto dirinya yang berseragam pilot di depan pesawat Airasia. Diduga, saat ini dia telah membuat akun baru dengan nama lain dan menuliskan Raqqa sebagai lokasi tinggalnya.

Content Protection by DMCA.com
loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here