Ini Jurus Ampuh Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM

Salah satu jurus akrobatik ekonomi yang menjadi opsi, kata Akbar, adalah menaikkan pajak dalam beberapa bidang. "Pajak kendaraan, jumlah kendaraan mobil di Indonesia sekitar 11 juta dan sepeda motor 60 juta."

0
434
Jurus Ampuh Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM
Jurus Ampuh Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM
Ini Jurus Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM
Ini Jurus Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM

Jokowi-JK, Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla terus memikirkan berbagai masukan dan jalan keluar  yang diperlukan, untuk mengatasi masalah kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kenaikkan tersebut masih bisa dihindari dengan melakukan ‘akrobatik ekonomi’.

“Kita lakukan tindakan akrobatik-akrobatik dalam APBN, jika opsi kenaikkan BBM tidak bisa diambil. Pak Jokowi dan Pak JK akan ambil risiko apapun,” kata Akbar Faisal, Deputi Tim Transisi  di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jakarta, (27/8/2014).

Salah satu jurus akrobatik ekonomi yang menjadi opsi, kata Akbar, adalah menaikkan pajak dalam beberapa bidang. “Pajak kendaraan, jumlah kendaraan mobil di Indonesia sekitar 11 juta dan sepeda motor 60 juta.”

“Kalau kemudian pajak mobil dinaikan 100% dikalkulasi secara keseluruhan, kita bisa mendapatkan Rp 25 triliun. Orang akan berpikir ulang untuk beli mobil dan motor,” ujar Akbar mencontohkan.

Contoh lain, lanjut Akbar, kenaikkan pajak di bea cukai. Dari kajian yang dilakukan ternyata hanya beberapa komoditi yang terkena cukai di Indonesia. Pada intinya, Akbar meminta pembayaran pajak yang bertanggung jawab, sebagai salah satu cara mencegah kenaikan APBN.

“Kita harus mendidik mereka wajib pajak, ada 60 juta wajib pajak, tapi baru 30 juta yang melaksanakan bayar pajak,” pungkas Akbar.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here