5 Aplikasi Maps Android Gratis yang Berguna Saat Mudik

tidak semua aplikasi peta mampu memberikan acuan akurat. Walaupun begitu, seringkali mereka dapat mendekati arah dan jalan aslinya. Berikut adalah beberapa aplikasi peta gratis yang dapat Anda gunakan:

1
369
MapFactor Aplikasi Maps Android Gratis
MapFactor Aplikasi Maps Android Gratis

Pada setiap smartphone dan tablet Android, sudah tersedia fasilitas Google Play (kecuali jika Anda membeli smartphone tersebut langsung dari negara Cina). Sayangnya, transisi sistem yang dilakukan oleh Google membuat waypoint di Google Map menjadi kacau. Hal ini kerap membuat pengguna tersasar. Walaupun begitu, Google Map merupakan aplikasi dasar yang sebenarnya sudah cukup baik Anda gunakan saat mudik.

5 Aplikasi Maps untuk Mudik pada Android

Ford Traffic Jam Assist

Mendekati hari raya Idul Fitri, hal tersebut mengindikasikan bahwa sudah saatnya untuk sebagian besar penduduk di Jakarta dan Indonesia melakukan mudik. Dengan banyaknya orang yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja macet menjadi sebuah kendala. Belum lagi jika ada jalan yang ditutup sehingga kita harus mengambil jalan alternatif.

Obat Pembesar Penis
obat pembesar penis

Pada tips kali ini, kami akan menunjukkan beberapa aplikasi peta yang dapat Anda gunakan selain Google Map. Sayang memang, kebanyakan dari aplikasi peta membutuhkan koneksi internet yang memang saat ini sudah sangat murah. Bayangkan saja, Anda bisa mendapatkan kuota 1-2 GB hanya dengan mengeluarkan uang Rp50.000. Hal tersebut tentu lebih murah dibandingkan jika tersasar di sebuah tempat.

Sayangnya lagi, tidak semua aplikasi peta mampu memberikan acuan akurat. Walaupun begitu, seringkali mereka dapat mendekati arah dan jalan aslinya. Berikut adalah beberapa aplikasi peta gratis yang dapat Anda gunakan:

Waze

Waze

Untuk mengetahui kemacetan yang terjadi, Waze adalah jawaranya. Hal tersebut dikarenakan laporan kemacetan langsung dilakukan oleh para penggunanya. Peta yang dipakai juga dibuat oleh komunitas pengguna sehingga lebih minim kesalahan dalam penamaan jalan dan alternatif arah.

Waze membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh data kemacetan serta arah saat Anda ingin melakukan navigasi arah. Internet juga dibutuhkan guna men-download sebuah event seperti adanya kecelakaan, polisi, dan lain sebagainya. Pada Waze pun, Anda dapat bertanya kepada pengguna sekitar apakah pada jalan yang ingin Anda lalui sedang macet atau tidak.

Waze sudah tersedia pada Google Play.

Sygic

Sygic

Butuh aplikasi peta yang dapat Anda set pada saat ada WiFi gratis? Sygic bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sygic nantinya dapat digunakan tanpa menggunakan koneksi internet. Tentunya hal ini juga bisa menghemat kuota yang Anda miliki.

Sygic menggunakan peta gratis dari Tomtom. Padahal, Anda yang ingin mendownload peta Tomtom diharuskan membayar sejumlah dana untuk membeli aplikasi utamanya terlebih dahulu. Selain itu, aplikasi ini memberikan 7 hari fasilitas premium yang dapat digunakan saat Anda mudik. Jika sudah lewat, fungsi dasar seperti peta, navigasi arah, POI, dan lainnya masih dapat digunakan dengan gratis.

Here Map

Here

Enggan melakukan download aplikasi peta lainnya? Nokia telah menyediakan sebuah feature map untuk semua perangkat. Anda tinggal membuka browser yang ada pada perangkat Android, lalu arahkan browser ke http://www.here.com. Saran kami, gunakan browser yang memiliki feature berlebih seperti Chrome atau Dolphin.

Here Map sudah menggunakan peta dari Bing.com. Oleh karena itu, hampir tidak ada perbedaan yang kami temukan pada beberapa titik di kedua peta dalam hal gambar jalan. Here juga menawarkan sebuah feature navigasi arah yang dapat langsung digunakan pada browser.

Open Street Map

OpenStreetMap

Sama seperti Here Map, Open Street Map dapat Anda akses langsung dengan menggunakan browser. Anda pun juga dapat melakukan instalasi aplikasi petanya seperti MapFactor. Satu yang unik dari Open Street Map adalah sifat keterbukaannya yang mirip dengan Waze, di mana anggota dapat mengedit jalan yang ada, sehingga informasi arah jalan dapat lebih aktual.

Sayangnya, feature yang digunakan pada OSM kurang bisa dicerna oleh pengguna awam. Kami pun kesulitan menemukan cara untuk melakukan navigasi arah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena itu, feature yang ditawarkan oleh Open Street Map adalah peta dasar. Anda dapat membuka OSM pada http://www.openstreetmap.org

MapFactor

MapFactor

Ingin menggunakan Open Street Map dengan feature yang lebih baik? Gunakan saja MapFactor. Aplikasi ini menggunakan OSM sebagai basis petanya ditambah dengan fungsi-fungsi standar seperti navigasi. Uniknya, ternyata aplikasi ini dapat membuat OSM digunakan sebagai aplikasi peta dengan antar muka 3D.

Aplikasi yang sudah tersedia di Google Map ini akan menyimpan peta pada SDCard perangkat Android Anda. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan koneksi internet. Semua dapat Anda gunakan pula tanpa adanya embel-embel In App Purchase.

Nah, apakah masih ada aplikasi mapping gratis yang Anda gunakan namun tidak kami tulis pada artikel ini? Silahkan meninggalkan komentar di bawah ini.

Content Protection by DMCA.com
loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here