Samsung Akan Membuka Pabrik di Indonesia

produsen Samsung adalah saat ini sudah ada di luar Jakarta (kemungkinan Cikarang) untuk merakit sebuah smartphone. Samsung saat ini memiliki pabrik di Cikarang, Bekasi, yang memproduksi optical disk dan perangkat elektronik konsumen, seperti TV, pemutar DVD, serta CRT monitor.

0
346
Samsung Electronics Co, perusahaan raksasa elektronik Korea
Samsung Electronics Co, perusahaan raksasa elektronik Korea

Samsung Electronics Co, perusahaan raksasa elektronik Korea sedang vendor Android smartphone terbesar di dunia, sedang mempertimbangkan untuk menghasilkan nya smartphone di Indonesia.

Hal ini diperkuat oleh juru bicara pada Samsung melalui surat elektronik kepada The Wall Street Journal, Senin (18/8/2014).

“Samsung telah membahas dengan pemerintah Indonesia untuk menghasilkan smartphone untuk memenuhi permintaan pasar domestik, sehingga kebutuhan konsumen lokal dapat dipenuhi secara efektif,” kata juru bicara Samsung dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Mahendra Siregar kepala dari investasi koordinasi badan modal (BKPM) ketika dihubungi oleh The Wall Street Journal juga mengkonfirmasi berita.

Menurut Mahendra, rencananya akan memanfaatkan produsen Samsung adalah saat ini sudah ada di luar Jakarta (kemungkinan Cikarang) untuk merakit sebuah smartphone. Samsung saat ini memiliki pabrik di Cikarang, Bekasi, yang memproduksi optical disk dan perangkat elektronik konsumen, seperti TV, pemutar DVD, serta CRT monitor.

Tapi sayangnya, Mahendra menolak memberikan komentar tentang berapa banyak investasi akan besaran ditanamkan Samsung Electronics untuk membuka lini produksi baru yang akan digunakan untuk merakit smartphone mereka di Indonesia.

Samsung, bergerak cenderung membuka pabrik di Indonesia adalah sebagai upaya untuk menghindari kebijakan memberlakukan pajak penjualan atas barang mewah (PPN BM) untuk smartphone yang diimpor.

Menurut The Wall Street Journal, smartphone menjadi kedua tertinggi impor komoditas di Indonesia setelah minyak mentah Januari 2013, mencapai 2,8 miliar dolar.

Berlakunya aturan PPN BM untuk smartphone yang saat ini sedang dibahas di Kementerian Perindustrian INDONESIA. Jika jadi dipaksakan, kemudian impor smartphone harga di atas $ 5 juta akan dikenakan PPN BM 20 persen.

Dengan merakitnya di tanah air, kemudian Samsung bisa mendorong harga jual yang smartphone smartphone di Indonesia dan terus bersaing dengan vendor lainnya dalam mempertahankan pangsa pasar.

Just FYI, pasar smartphone Samsung berbagi di Indonesia sampai kuartal kedua tahun 2014 (Juni) dan adalah 22 persen, turun dari 30 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Strategi untuk membangun pabrik-pabrik di negara itu untuk mendapatkan insentif pajak juga telah diterapkan untuk Samsung di vietnam. Bulan lalu, Samsung memutuskan untuk membangun sebuah pabrik yang memproduksi layar untuk smartphone dan tablet perangkat, dengan nilai investasi yang mencapai 1 miliar US dolar.

Content Protection by DMCA.com
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here